PROFIL TIM EURO 2020, Debut Berat Finlandia 

PROFIL TIM EURO 2020, Debut Berat Finlandia 

CELOTEH RIAU--Pelatih Markku Kanerva sadar diri status Finlandia di Euro 2020 (Euro 2021) hanya debutan. Sudah tak unggulan, bintang utama tim berjulukan Huuh Kajat ini diterpa cedera.

Sebagai sosok yang telah 17 tahun di lingkungan timnas Finlandia, sejatinya Kanerva hafal betul kualitas pemain yang ia panggil. Bahkan pemain tertua Finlandia saat ini, Tim Sparv, sudah ia asuh sejak masih menangani Finlandia U-21.

Kenal pemain secara luar dan dalam inilah yang dijadikan Kanerva sebagai wadah meramu strategi. Hasilnya pun lumayan. Finlandia menjadi runner up Grup J babak kualifikasi Piala Eropa 2020.

Finlandia mengoleksi 18 poin dari 10 pertandingan, hasil 6 kemenangan dan 4 kekalahan. Walau berada di bawah Italia, negeri di utara Eropa ini berhasil menyingkirkan Yunani dan Bosnia-Herzegovina yang punya tradisi sepak bola lebih menonjol di Benua Biru.

Bahkan striker Finlandia, Teemu Pukki, menjadi top skor Grup J dengan 10 gol. Pemain Norwich City ini tercatat sebagai pencetak gol kedua terbanyak dalam sejarah timnas Finlandia. Ia hanya tertinggal dua gol dari Jari Litmanen, legenda sepak bola Finlandia.

Sayangnya saat ini Pukki sedang dililit cedera. Penyerang 31 tahun ini cedera pergelangan kaki kanan seusai Norwich unggul 4-1 atas Reading. Kabar baiknya Pukki sudah bisa berjalan dengan normal.


Finlandia bersaing dengan Italia di Kualifikasi Piala Eropa 2020. (Markku Ulander/Lehtikuva via AP)
Walau cederanya belum sembuh 100 persen, Pukki tetap masuk daftar pemain untuk Piala Eropa 2020. Kanerva percaya Pukki akan dalam kondisi terbaik saat Euro 2020 dimulai pada 11 Juni mendatang.

Dilansir dari Suomi Futis, Kanerva mengatakan tim dokter Timnas Finlandia yakin Pukki bisa segera pulih. Namun, Kanerva mengakui ia belum berkomunikasi secara langsung dengan pemain yang mengantarkan Norwich menjuarai kompetisi kasta kedua Inggris musim 2020-2021 ini.


"Tim medis kami sangat yakin tentang itu [Teemu Pukki pulih]. Saya belum bisa memberikan persentase apapun. Kami akan melihat ketika dia mengikuti latihan bersama kami dan bagaimana reaksi pergelangan kakinya," ucap Kanerva.

Jika Pukki tak bisa kembali ke kondisi terbaik, Kanerva menyiapkan Joel Pohjanpalo sebagai ujung tombak. Striker milik Bayer Leverkusen yang dipinjamkan ke Union Berlin sedang berupaya bangkit.

Jika dikomparasi dalam dua musim terakhir, torehan gol Pohjanpalo pada musim ini jadi yang terminim. Ia hanya memasukkan 5 gol dari 18 kesempatan. Ini kontras dengan musim sebelumnya yang mengoleksi 9 gol dari 14 laga.

Untuk komposisi lini tengah, Finlandia masih berharap jam terbang Tim Sparv. Sebagai kapten, ia diharapkan bisa membimbing rekan atau adik-adiknya yang lebih muda tampil penuh determinasi walau lawan lebih diunggulkan.


Sayangnya pula, Sparv juga sedang diterpa cedera. Sama seperti Pukki, Sparv tetap masuk daftar pemain untuk Piala Eropa 2020, tetapi kondisinya masih harus dipantau secara mendalam. Jika pada awal Juni ini belum pulih, terpaksa namanya akan dicoret.

Sebagai tim yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020, Finlandia tercatat sebagai salah satu tim dengan pertahanan terburuk. Dari 10 pertandingan, gawang Finlandia kebobolan 10 kali.

Mayoritas pemain bertahan Finlandia memang tampil di luar negeri, namun bersama klub-klub papan bawah. Inilah pekerjaan rumah terbesar Kanerva: mengkonstruksi strategi bertahan yang kompak dan solid.

Adapun laga pertama Finlandia di Piala Eropa 2020 adalah dengan melawan Denmark di Copenhagen pada 12 Juni. Setelah itu melawan Rusia (16/6) dan Belgia (21/6). Sebelum itu Finlandia akan menjajal beberapa uji coba pada akhir Mei dan awal Juni.

Skuad Finlandia di Piala Eropa Euro 2020
Kiper: Lukas Hradecky (Leverkusen), Anssi Jaakkola (Bristol Rovers), Jesse Joronen (Brescia).

Belakang: Paulus Arajuuri (Pafos), Robert Ivanov (Warta Pozna?), Thomas Lam (Zwolle), Daniel O'Shaughnessy (HJK Helsinki), Jukka Raitala (Minnesota United), Joona Toivio (Häcken), Jere Uronen (Genk), Nicholas Hämäläinen (QPR), Sauli Väisänen (Chievo).

Tengah: Nikolai Alho (MTK Budapest), Fredrik Jensen (Augsburg), Glen Kamara (Rangers), Joni Kauko (Esbjerg), Robin Lod (Minnesota United), Rasmus Schüller (Djurgården), Pyry Soiri (Esbjerg), Tim Sparv (Larissa), Robert Taylor (Brann), Onni Valakari (Pafos).

Depan: Marcus Forss (Brentford), Lassi Lappalainen (Montréal), Joel Pohjanpalo (Union Berlin), Teemu Pukki (Norwich).

 

#sepakbola

Index

Berita Lainnya

Index